Senin, 27 Mei 2013

Tips Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Anak

makanan sehat anak
Hadirkan rasa senang saat makan bersama anak!
Kadang, sang buah hati sangat sulit untuk berdamai dengan berbagai jenis makanan sehat, apalagi makanan yang memang memiliki rasa agak aneh dan asing bagi mereka, yang sebenarnya hanya dipengaruhi oleh faktor kebiasaan saja, dimana mereka lebih nyaman menikmati makanan dengan rasa yang manis dan gurih.

Kurangnya kesadaran mengkonsumsi makanan sehat juga membuat mereka lebih bebas memilih makanan, parahnya jika orang tua sebagai pembimbing mereka juga kurang mengerti bagaimana memilih makanan sehat untuk mereka. Dalam urusan makanan, kita mungkin merasa bahwa hal yang terpenting adalah kenyang, kandungan nutrisi adalah urusan belakangan.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang bermanfaat dalam membangun kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat pada anak;

1. Memberikan konsekuensi positif jika mau makan makanan bergizi
Jika masih suka menakut-nakuti anak supaya mau makan makanan bergizi, sebaiknya segeralah menghentikannya. Sebaliknya, ubahlah caranya dengan memberikan konsekuensi positif seperti, "kalau rajin makan makanan bergizi, kamu bisa pintar dan cepat besar"

2. Mengenalkan jenis-jenis makanan bergizi
Menurut dr.Elvina Karyadi, ahli gizi dari Universitas Indonesia, anak harus diperkenalkan kepada makanan sehat dini. Jika anak sudah kenal dan sudah akrab pada makanan bergizi, mereka akan terpacu untuk mau memakannya. Terlebih jika mereka terlibat langsung pada proses pembuatan makanan. Melibatkan anak menanam atau mengunjungi kebun sayur dan buah bisa membuat mereka tertarik dan lebih bersemangat memakan hasil kebun tersebut.

3. Memberi makan sambil bermain
Menurut Elvina, saat bermain anak tidak akan terlalu fokus terhadap makanan, maka lebih mudah jika diberikan makanan bergizi yang tidak terlalu disukai. Namun perlu diperhatikan pula kebersihan dan keamanan pangan jika diberikan saat bermain.

4. Selipkan di makanan favoritnya
Anak cenderung menyukai makanan yang gurih dan berlemak dan menghindari sayur dan buah. Untuk membiasakan indera pengecap anak dengan sayur dan buah, orangtua dapat "menyembunyikan" sayur dan buah ke dalam favoritnya. Mulanya bisa dalam porsi yang sedikit, namun setelah terbiasa porsinya bisa ditambahkan. Orangtua juga harus menjadi role model. Jika anak terbiasa melihat orangtua makan makanan sehat, cepat atau lambat mereka pun akan mengadopsi kebiasaan ini.


Dalam memberikan makanan sehat pada anak, orang tua perlu menghindari pemaksaan. "Kegiatan memberi makan anak harus dibuat menyenangkan dan menstimulasi, bukan membebani, sehingga anak senang terhadap makanan bergizi," tutur Elvina dalam Nutritalk bertajuk "Pentingnya Tumbuhkan Kecintaan pada Gizi Sejak Dini" yang diadakan oleh Sarihusada Jakarta. Lebih lanjut, Elvina memaparkan beberapa cara agar anak mau makan makanan bergizi, termasuk sayur dan buah.

Nah, Kini saatnya kita konsumsi makanan sehat sekeluarga!

Baca juga : Makanan sehat ibu menyusui untuk meningkatkan kualitas ASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar