Selasa, 21 Mei 2013

Sehatnya Gula Jawa (Gula Merah)

gula merah
Jika anda sedang mencari alternatif bahan pemanis yang sehat, anda harus berkenalan dengan jenis gula yang satu ini. Gula merah atau gula Jawa merupakan jenis gula yang dibuat dari cairan nira, yakni cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren dan siwalan. Gula jawa (gula merah) merupakan jenis gula yang paling sehat dikonsumsi diantara berbagai jenis pemanis lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan kalorinya yang rendah dan menfaatnya yang kaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi gula merah setiap hari sebagai pengganti gula pasir merupakan langkah yang terpat untuk menuju hidup yang sehat.

Gula jawa mengandung berbagai manfaat yang berguna bagi tubuh. Gula jawa mengandung thiamine, riboflavin, nicotinic acid, ascorbic acid, protein, dan vitamin C yang berguna untuk menyembuhkkan berbagai penyakit seperti asma, anemia, lepra (kusta), dan demam. Gula merah juga digunakan untuk penyembuhan penyakit typus dan menurunkan panas pankreas. Selain itu, gula merah juga bermanfaat untuk menguatkan jantung dan memperkuat pertumbuhan gigi pada anak. Gula merah juga dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik untuk luka ringan. Manfaat gula merah ini setara dengan madu.

Manfaat lain gula merah, yakni;

  • Membantu diet

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi gula merah adalah membantu diet anda agar sukses. Kalori dalam gula jawa tergolong rendah dibandingkan gula pasir sehingga baik untuk membantu diet anda agar berhasil.

  • Mengandung antioksidan

Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit ringan maupun berbahaya. Nah, gula merah merupakan sumber antioksidan yang baik.

  • Merilekskan syaraf

Gula merah mengandung selenium yang tinggi yang dapat melemaskan syaraf-syara anda sehingga lebih rileks. Meminum minuman hangat dengan gula merah sebagai pemanis sebelum tidur akan membantu anda mersa rileks dan lekas tertidur.

  • Mendinginkan perut

Ketika siang hari yang panas, meminum air kelapa dengan gula merah akan membantu perut anda menjadi nyaman.

Itu tadi beberapa manfaat yang terkandung dalam gula merah. Mengkonsumsi gula merah sebagai pengganti gula pasir merupakan langkah yang baik menuju hidup sehat. Jangan ragu untuk mengkonsumsi gula merah. Salam sehat!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar