Jumat, 31 Mei 2013

Ini dia Beberapa Menu Makanan Sehat untuk Sarapan

Jika anda ingin aktifitas keseharian anda berjalan lancar, maka jangan abaikan sarapan pagi. Bukan hanya untuk mengisi perut saja, namun sarapan dengan menu makanan sehat membawa manfaat yang baik untuk mengoptimalkan kondisi tubuh sehingga bisa bekerja.

Mengawali kesibukan harian di tempat kerja dengan perut kosong tentu saja sangat buruk akibatnya. Dengan sarapan, apalagi dengan menu makanan sehat, anda mendapatkan manfaat yang begitu luar biasa, salah satunya yakni perlindungan terhadap penyakit jantung.

Lalu bagaimana menu sarapan yang sehat? Silahkan simak beberapa makanan sehat yang pas untuk menu sarapan anda, berikut ini;

menu sarapan sehat
Sarapan dengan telur sangat bermanfaat loh...

1. Telur

Sebagai menu sarapan sehat, telur adalah menu yang tergolong paling mudah. Entah digoreng atau direbus, telur bisa dinikmati sebagai menu sarapan di pagi hari. Telur mengandung 13 nutrisi penting, termasuk di dalamnya adalah protein. Seperti yang sudah sering disebutkan, makanan berprotein bisa mencegah kebiasaan ngemil.

Jangan takut mengonsumsi kuning telur. Di dalamnya kata akan vitamin B yang melindungi ingatan serta carotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang baik bagi mata. Pokoknya, Makan telur saat sarapan banyak manfaatnya.


2. Yogurt

Sama seperti telur, yogurt juga jenis makanan sehat yang merupakan sumber protein tinggi dan cocok dinikmati saat sarapan. Nutrisi lain dalam yogurt adalah kalsium yang baik bagi tulang.

Meskipun demikian, sebaiknya hindari yogurt yang memiliki rasa. Pilih yang tawar saja jika ingin mendapatkan khasiat maksimalnya. Sebab yogurt dengan rasa biasanya sudah ditambahkan pemanis buatan. Nikmati yogurt jenis rendah lemak atau bebas lemak sama sekali. Untuk menambah rasa, taburkan buah-buahan atau kacang yang lebih menyehatkan.

3. Kopi

Meskipun minum kopi berlebihan bisa bikin jantung berdetak lebih cepat, jangan ragu menikmati minuman terbaik ini untuk sarapan. Pasalnya kopi mengandung banyak antioksidan yang menyehatkan, tentu saja tanpa campuran krim dan gula yang terlalu banyak.

Kopi sering disebutkan baik bagi otak dan mencegah beberapa jenis kanker. Kopi juga mampu melindungi tubuh dari serangan diabetes tipe 2.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Cukup satu cangkir setiap pagi sebagai menu sarapan terbaik yang bisa dinikmati.


4. Teh
Jika tidak suka kopi, teh bisa jadi pilihan minuman untuk sarapan. Di dalam teh terkandung antioksidan bernama flavonoid, sifatnya meningkatkan sistem imun dan merupakan agen anti inflamasi.

Teh hijau, hitam, dan putih sempat terbukti bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Asalkan minuman tersebut dinikmati tanpa tambahan gula berlebihan.


5. Pisang

Pisang mudah didapat dan menjadi salah satu makanan terbaik untuk sarapan. Di dalamnya mengandung serat, vitamin C, dan kalium yang menyehatkan tubuh. Pisang bahkan tidak mengandung sodium sama sekali. Artinya pisang akhirnya memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah.

Sarapan pisang cukup mengenyangkan. Bukan hanya itu, tidak butuh waktu lama untuk mengolah pisang karena buah yang satu ini bisa dinikmati secara langsung.


6. Grapefruit

Makanan terbaik lain yang menjadi sumber vitamin C adalah keluarga buah jeruk, yaitu grapefruit. Meskipun termasuk buah yang berair, rupanya grapefruit memiliki kandungan serat yang tinggi. Sifat buah grapefruit juga bisa menekan nafsu makan. Sangat cocok dinikmati saat sarapan bagi orang-orang yang berusaha untuk berdiet.


7. Buah berry

Keluarga buah berikutnya yang menjadi makanan terbaik untuk sarapan adalah berry. Cukup rendah kalori, namun mengandung vitamin C dan serat yang tinggi.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan buah berry kaya akan antioksidan yang menangkal berbagai penyakit. Misalnya kanker dan masalah saraf yang berkaitan dengan penuaan dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar