Kamis, 09 Mei 2013

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil dan Janinnya

manfaat buah manggis untuk ibu hamil dan janin
Buah manggis memiliki manfaat yang sangat besar untuk ibu hamil dan janinnya

Mengkonsumsi buah-buahan bagi ibu hamil sangatlah disarankan, hal tersebut karena kandungan nutrisi alami pada buah-buahan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar tetap sehat selama masa kehamilan. Buah manggis merupakan salah satu buah-buahan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat buah manggis yang besar pengaruhnya untuk kesehatan sebenarnya bukan saja untuk ibu hamil. Namun, bagi ibu hamil, buah manggis membawa manfaat yang spesial. Ibu hamil dan janin yang di kandungnya akan mendapatkan manfaat sehat dari buah manggis.

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah manggis, dengan kandungan zat folat pada manggis akan mencegah cacat lahir pada janin. Hal ini dikarenakan dalam setiap 1 cangkir buah manggis akan menghasilkan folat sebanyak 61 mcg. Ibu hamil diajurkan agar setiap harinya mengkonsumsi folat sebanyak 400 mcg. Adapun zat folat akan mengurangi resiko cacat lahir atau kelainan pada janin, khususnya pada bagian tulang belakang, bibir sumbing, cacat jantung dan kelainan lainnya.

Nah, selain itu pada buah manggis juga bisa ditemukan zat mangan yang berguna membentuk sistem kerangka tulang rawan pada pertumbuhan janin. Zat mangan yang terkandung dalam buah manggis juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu melindungi ibu hamil dan bayi dari kerusakan sel. Dalam satu cangkir buah manggias akan ditemukan sekitar 0,2 mg zat mangan.

Kedua manfaat buah manggis tersebut di atas tentunya sangat penting karena buah dari manfaat manggis tidak hanya diambil oleh ibu hamil saja, tetapi mempengaruhi perkembangan janin hingga ia lahir dan menjadi bayi yang sehat.

Buah manggis juga mengandung Vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Vitamin C yang terdapat pada buah manggis juga memiliki fungsi untuk mengurangi resiko terkena infeksi yang dapat membahayakan janin. Manfaat vitamin C lainnya bagi ibu hamil adalah menjaga reproduksi kelagen, yaitu senyawa yang membantu kulit menjadi elastis sehingga kulit ibu hamil tetap sehat saat merenggang seiring dengan pertumbuhan janin.

Oleh karena besarnya manfaat buah manggis untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, perlu kiranya buah ini dimasukkan dalam salah satu menu buah yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Rasanya yang enak dan segar tentu menjadi nilai tersendiri.

Selamat menikmati nikmatnya buah manggis dan segala manfaat yang terkandung !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar