Sabtu, 25 Mei 2013

Daftar Vitamin yang Mencerdaskan Otak Anak

Bagi anak-anak, fungsi vitamin sangat penting untuk memperlancar proses pertumbuhan serta membangun sistem kekebalan tubuh, pemberian vitamin pada anak-anak juga dapat meningkatkan kecerdasan otaknya.

vitamin untuk kecerdasan anak
Konsumsi vitamin bermanfaat untuk membantu kecerdasan anak.

Secara umum fungsi vitamin adalah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bila asupan vitamin tidak mencukupi, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Karena asupan yang kurang sehingga menyebabkan metabolisme tubuh akan terganggu. Selain untuk metabolisme tubuh, vitamin merupakan asupan yang melengkapi kebutuhan nutrisi, termasuk otak untuk memaksimalisasi kinerjanya, sehingga vitamin bermanfaat untuk kecerdasan otak dan menguatkan memori anak.

Kekurangan vitamin ini biasa disebut dengan avitaminosis. Meski demikian kelebihan asupan vitamin pun sangat tidak disarankan. Sama seperti saat kekurangan, kelebihan vitamin juga dapat membuat metabolisme tubuh terganggu.

Selain untuk menjaga kesehatan, fungsi vitamin lainnya adalah untuk melengkapi karbohidrat, kalori, mineral, dan lainnya. Dengan asupan vitamin yang cukup, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Jenis vitamin yang dikonsumsi memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing. Untuk meningkatkan kecerdasan otak anak anda. Nah, vitamin apa saja yang bermanfaat untuk mencerdaskan anak? Simak ulasan berikut ini;


1. Vitamin E

Vitamin E dikenal baik untuk kulit dan rambut. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E juga dapat meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini dikenal sebagai antioksidan yang dapat menghambat perkembangan tahap pertama dari penyakit Alzeimer. Almond, sayuran berdaun hijau, minyak bunga matahari dan hazelnut merupakan makanan yang memiliki kandungan Vitamin E yang berlimpah.

2. Vitamin B

Vitamin B dapat membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak yang pada akhirnya bisa meningkatkan memori. Penurunan memori pada otak sering dikaitkan dengan kekurangan Vitamin B. Makanan seperti telur, daging dan bayam, memiliki jumlah Vitamin B kompleks yang tinggi.

3. Vitamin B-12

Kekurangan Vitamin B-12 sering dikaitkan dengan kerusakan saraf, kehilangan memori, perubahan suasana hati dan kelambatan mental. Vitamin B-12 merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk pembentukan mylein, yang penting untuk membentuk lapisan di sekitar serat saraf yang bertindak seperti isolasi. Vitamin ini banyak ditemukan dalam daging seperti daging sapi, kambing, ikan dan domba.

4. Vitamin B-6

Vitamin B-6 sangat penting untuk fungsi neurotransmitter dan perkembangan otak. Kekurangan Vitamin B6 dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan menyebabkan kehilangan memori jangka pendek. Gejala lain yang bisa Anda alami termasuk depresi dan kecemasan. Kacang-kacangan, wortel, dan biji bunga matahari merupakan makanan sehat yang kaya akan Vitamin B-6.



Selain memberikan asupan vitamin di atas, anda juga perlu membangun kebiasaan makanan sehat untuk anak. Anda mungkin perlu mengetahui Jenis Makanan Sehat dan Tidak Sehat yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak, sebagaimana yang telah kami publikasikan juga di web ini.


Diolah dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar