Jumat, 10 Mei 2013

Kebiasaan Makan Mangga Ibu Hamil. Apa saja manfaatnya?

Makanan sehat ibu hamil juga meliputi berbagai jeni buah-buahan. Ketika sedang hamil, para ibu harus banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak manfaat bagi diri dan juga janin yang sedang dikandung. Memilih bahan makanan yang tepat dan mengandung banyak manfaat menjadi prioritas utama agar terhindar dari kurang gizi atau malah obesitas ketika sedang hamil. Buah mangga adalah salah satu buah yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil.

buah mangga segar
Buah mangga segar bermanfaat untuk menunjang kesehatan ibu selama masa kehamilan

Makanansehat.web.id akan mengupas manfaat dari buah mangga. Mangga kaya akan manfaat yang baik bagi ibu hamil dan perkembangan janin. Selain rasanya yang enak, buah ini juga sangat mudah di jumpai di Indonesia.
Kuncinya jangan sampai kurang makan tapi juga jangan berlebihan ketika makan ya bu. Salah satu bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika hamil adalah buah-buahan. Kali ini

Ini dia manfaat buah mangga untuk ibu hamil!

1. Buah mangga adalah sumber energi
Ketika hamil ibu membutuhkan energi lebih banyak dari ketika belum hamil. Meastikan diri mendapat asupan energi yang cukup sangat penting. sumber energi relatif mudah untuk didapat. Salah satu sumber energi adalah buah mangga.

Buah mangga mengandung gula yakni sukrosa dan karbohidrat yang baik untuk sumber energi sehingga gula darah kita menjadi stabil. Buah mangga merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Buah mangga juga dapat dijadikan camilan yang sehat. Emosi ibu hamil sering terganggu diakibatkan pengaruh hormon dan gula darah. Memiliki suasana hati yang riang akan lebih memudahkan ibu ketika hamil.


2. Sumber Antioksidan
Mangga juga merupakan sumber beta-karoten dan vitamin C yang baik. Beta-karoten merupakan zat yang akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina) didalam tubuh. Beta-karoten (dan vitamin C) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan dari kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Radikal bebas secara tidak langsung akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan janin. Tentunya radikal bebas sulit kita hindari, oleh sebab itu antioksidan sangat penting dikonsumsi. Vitamin A sangat baik untuk perkembangan organ penglihatan janin.


3. Mangga mengandung kalium/potassium
Buah Mangga mengandung Kalium yang berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Terlalu banyaknya cairan yang tertahan dalam tubuh dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak.


4. Mangga mengandung serat yang tinggi
Serat penting demi kesehatan pencernaan. Kurang serat akan menimbulkan sembelit yang membuat susah ketika buang air besar. Pencernaan yang tisak lancar juga menghambat penyerapan nutrisi oleh tubuh. Itulah mengapa serat begitu dibutuhkan oleh tubuh baik itu serat larut air maupun tidak larut air.

Namun mengkonsumsi serat juga harus sedikit demi sedikit demi menghindari kelebihan gas dalam lambung yang akan menbuat para ibu hamil semakin tidak nyaman. Nah, serat dapat dengan mudah didapatkan dalam buah mangga. Buah mangga kaya sekali akan serat yang baik bagi pencernaan ibu sehingga nutrisi yang masuk didalam tubuh dapat diserap dengan baik oleh tubuh yang akan dikonsumsi pula oleh calon bayi ibu.


Itu tadi beberapa manfaat penting yang didapat dari buah mangga untuk ibu yang sedang hamil. Jadi jangan ragu untuk menjadikan buah mangga sebagai camilan segar di sing hari ya bu. Salam sehat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar