Kamis, 09 Mei 2013

Cara Mudah Membuat Jus Kulit Buah Manggis

Cara membuat jus kulit buah manggis sebenarnya tergolong mudah, hanya saja karena kurang terbiasa, berbeda dengan cara membuat jus seperti biasanya yang sangat sederhana, kulit buah manggis yang dasarnya memiliki rasa pahit atau sepat membuat kita perlu beberapa langkah untuk menghilangkan rasa pahit tersebut. Salah satu caranya adalah merebus kerokan kulit buah manggis yang akan digunakan membuat jus, cara lainnya yakni ditambahkan pemanis, seperti madi ataupun gula aren.

Jus buah manggis original, tanpa campuran buah lainnya
Khasiat dan manfaat buah manggis untuk kesehatan sudah tersebar luas. Buah khas nusantara yang semakin mudah ditemukan ini membawa manfaat yang sangat besar, tak heran jika buah ini diolah menjadi obat herbal untuk kesehatan. Buahnya yang manis menyimpan banyak manfaat. Disamping itu, kulit buah manggis menyimpan rahasia kesehatan yang sangat besar manfaatnya.

Sebelumnya, kami telah berbagi info seputar Khasiat dan Manfaat Buah manggis. Besarnya manfaat tersebut sehinggabanyak orang berburu dan belajar mengolah kulit buah manggis menjadi minuman jus yang sehat.

Mau tau bagaimana cara membuat jus kulit buah manggis dengan mudah tanpa mengurangi besarnya manfaat yang dikandung buah manggis, simak panduan berikut ini ;)

Cara Membuat Jus Kulit Buah Manggis

 
Bahan-bahan membuat Jus Kulit Manggis :
  • Buah Manggis secukupnya (untuk 1 orang bisa menggunakan 2-4 buah manggis, sesuaikan dengan selera)
  • Air putih yang sudah matang.Madu adalah alternatif terbaik untuk yang tidak suka rasa pahit
  • Gula rendah kalori juga baik sebagai pengurang rasa pahit dan sepat (gunakan gula aren)

Cara membuat Jus Kulit Manggis :
  1. Pilihlah kulit buah manggis yang bagus (jika ada) agar tidak perlu susah membersihkan.
  2. Bersihkan terlebih dahulu bagian dalam kulit manggis dengan mencuci dengan air bersih hingga kotoran yang melekat hilang, lalu bersihkan bagian dalam kulit manggis dengan mengeroknya dengan sendok kecil. Hati-hati dengan kulit yang berwarna hitam dan getah kuningnya, sebaiknya dihindari agar rasa jus nantinya tidak pahit dan sepat.
  3. Selanjutnya adalah merebus kulit manggis tersebut dengan air secukupnya (langkah ini hanya optional saja untuk mengurangi rasa pahit dan sepatnya). Jangan membuang air rebusan karena air rebusan tersebut juga bermanfaat untuk berbagai macam terapi kesehatan. simpanlah di lemari pendingin untuk digunakan suatu waktu.
  4. Masukkan kerokan kulit dalam manggis kedalam blender. Tambahkan bahan-bahan campuran jika diperlukan seperti madu, gula aren, atau alternatif lain sebagai bahan campuran untuk mengurangi rasa pahit dan sepatnya. Tambahkan air secukupnya dan blenderlah bahan yang sudah disiapkan.
  5. Nah, Jus kulit Manggis kini siap diminum dan rasakan khasiatnya.


Aturan pakai dan efek samping :

1. Jus kulit buah manggis sangat baik (disarankan) diminum setelah makan. Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.

2. Sebagaimana diketahui, kulit buah manggis tidak memiliki rasa yang enak, begitu pula dengan jusnya. Oleh sebab itu, Anda dipersilakan untuk melakukan improvisasi sendiri dengan mencampurkan jus kulit manggis dengan buah-buahan lainnya, mencampurkan cuka apel, perasan jeruk lemon, dan lainnya untuk membuat jus ini terasa lebih enak.

3. Pada permulaan meminun juskulit buah manggis mungkin akan terasa mual karena belum terbiasa.


Selamat mencoba dan menikmati khasiat dari kulit buah manggis. Salam sehat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar