Rabu, 08 Mei 2013

Segudang Kandungan dan Manfaat Brokoli untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ingin mendapatkan manfaat lengkap sekaligus dalam satu jenis sayur? Maka brokoli adalah jawaban yang paling tepat. Brokoli terkenal dengan kandungannya yang lengkap. Brokoli mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik bagi pencernaan anda. sehingga anda yang sering menderita gangguan pencernaan seperti sembelit rutinlah mengkonsumsi brokoli sehingga terbebas dari gangguan pencernaan.

manfaat brokoli
Si brokoli yang sehat ...
Selain kandungan serat yang tinggi, brokoli juga mengandung glucoraphanin, zat yang mampu pemperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan proses penuaan. Mendapatkan kulit yang halus dan kencang dengan konsumsi bahan makanan alami seperti brokoli merupakan solusi murah untuk tetap tampil cantik dan muda.

Untuk anda yang sedang dalam program diet untuk melangsingkan tubuh, jangan lupa memasukkan brokoli dalam menu diet anda. Brokoli merupakan sayuran yang bebas karbohidrat sehingga baik untuk anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Serat yang tinggi pada brokoli membuat sistem pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna sehingga anda akan kenyang lebih lama.

Brokoli juga mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Kandungan fitonutrien, fitokimia, dan sulforaphane dalam brokoli dapat mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga anda tidak akan mudah terkena flu.

Brokoli merupakan sumber folat dan vitamin B yang dapat membantu mencegah depresi. Jika anda kekurangan folat, anda akan lebih mudah terkena depresi, kelelahan dan kesedihan. Jadi, rutinlah mengkonsumsi brokoli sehingga anda tidak mudah menderita depresi. Kandungan folat dan vitamin B6 pada brokoli ini juga mampu mencegah anda terkena penyakit jantung dan stroke.

Tulang merupakan komponen penting dalam tubuh yang harus senantiasa kita jaga kesehatannya. Mengkonsumsi brokoli dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteophorosis karena kandungan vitamin K dan Kalsium didalamnya.

Jaga kesehatan mata anda dengan konsumsi brokoli dengan teratur. Brokoli mengandung lutein dan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. kadar lutein yang tinggi dapat mencegah degenerasi mata terkait usia seperti makula dan katarak.

Manfaat terbesar yang ditawarkan brokoli adalah kemampuannya memerangi berbagai penyakit. Para ilmuwan menyatakan bahwa brokoli mampu mendetoksifikasi tubuh dan diketahui dapat mencegah kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium karena kandungan indole, isothiocyanate, dan fitokimia dalam brokoli.

Indole-3-carbinol dapat membantu mengontrol hormon yang berhubungan dengan kanker, seperti payudara dan kanker prostat. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di University of Illinois menemukan bahwa sifat anti kanker brokoli dapat meningkat jika dipasangkan dengan makanan pedas yang mengandung enzim myrosinase, seperti lobak, mustard, dan wasabi.

Jadi jangan ragu lagi untuk memasukkan brokoli dalam menu diet sehat anda untuk mendapatkan segudang manfaat yang ditawarkan oleh brokoli. Salam sehat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar