Sabtu, 11 Mei 2013

Prinsip-Prinsip Dasar Menu Makanan Sehat

pola makan sehat
Ada banyak artikel yang merupakan panduan konsumsi makanan sehat ataupun panduan membangun pola makan yang sehat. Kesemuanya itu disusun berdasarkan hal-hal teknis berupa makanan apa saja yang termasuk dalam kategori makanan sehat.

Dibalik itu semua, sebenarnya makanan sehat berpandu pada prinsip-prinsip dasar bagaimana makanan sehat hadir di hadapan kita dan siap dikonsumsi. Dulu kita mengenal semboyan empat sehat lima sempurna sebagai panduan pola makanan sehat untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi. Kini istilah tersebut beralih menjadi piramida makanan.

Anda tak perlu bersusah payah mengenali berbagai jenis makanan yang termasuk dalam kategori sehat tersebut. Asal paham pada prinsip dasar dari makanan sehat tersebut. Anda bisa bebas menentukan menu makanan sehat yang dapat anda konsumsi.

Beberapa prinsip dasar menu makanan sehat yaitu:

1. Pilihlah makanan bervitamin, sehingga asupan vitamin anda berasal dari sumber alami, bukan suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral. Ada banyak sekali makanan sehat yang mengandung vitamin, kita hanya perlu mengetahui kandungan makanan yang kita konsumsi. Pengetahuan kita akan kandungan vitamin, gizi, nutrisi yang terdapat pada makanan sangatlah penting dalam membuat menu makanan sehat.

2. Konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, makanan tinggi karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral, rendah lemak, dan bebas dari kolesterol, harus menjadi sebagian besar kalori yang Anda konsumsi. Sisanya harus berasal dari produk susu rendah lemak, daging dan unggas, dan ikan.

3. Anda juga harus mencoba untuk menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran kalori. Cara yang cukup efektif misalnya tidak makan lebih banyak makanan dari tubuh dari total yang gunakan. Jika tidak, Anda akan mendapatkan banyak karbohidrat yang disimpan dalam tubuh akan menjadi lemak. Semakin aktif Anda (misalnya beraktifitas sehari-hari), semakin Anda bisa makan dan tetap menjaga keseimbangan ini.

4. Makan banyak makanan tinggi serat yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Ini adalah karbohidrat “baik”, bergizi, mengisi, dan relatif rendah kalori. Mereka harus menyediakan 20 sampai 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat, jadi ada efek kurang pada insulin dan gula darah, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya. Makanan tersebut juga menyediakan vitamin penting, mineral, dan fitokimia.

5. Pastikan untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk. Penting untuk mengkonsumsi buah dan sayuran dengan warna yang beragam. Antioksidan dan nutrisi lainnya dalam makanan dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Makanlah lima atau lebih porsi sehari.

6. Batasi konsumsi makanan manis, produk olahan gandum seperti roti putih, dan makanan ringan asin. Hanya satu harian 12-ons sekaleng soda (160 kalori) dapat menambahkan hingga 16 pounds selama setahun. Makanan manis banyak juga tinggi lemak, jadi mereka kalori-padat.

7. Kurangi lemak hewan. Ini kaya lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan kesehatan. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu. Makan lebih banyak ikan dan kacang-kacangan, yang mengandung lemak tak jenuh sehat. Pengganti zaitun atau minyak canola untuk margarin mentega.

8. Jaga asupan kolesterol Anda di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol hanya ditemukan di produk hewani, seperti daging, unggas, produk susu, dan kuning telur.

9. Makanlah berbagai makanan yang beragam. Jangan mencoba untuk mengisi kebutuhan gizi anda dengan menu makanan yang sama pada setiap hari, menu makanan sehat yang beragam sangat penting untuk menyeimbangkan gizi. Ada kemungkinan bahwa tidak semua nutrisi penting telah diidentifikasi, dan makan berbagai macam makanan membantu untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, paparan ini akan membatasi anda untuk setiap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada dalam satu makanan tertentu.

10. Cukupi kebutuhan tubuh anda terhadap kalsium. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium Anda dari sumber-sumber rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak. Jika Anda tidak dapat mendapatkan jumlah yang optimal dari makanan, minum suplemen.


Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda untuk mengelola menu makanan sehat di rumah. Salam sehat!!

Sumber: infojajan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar