Minggu, 02 Juni 2013

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Wisata & Perjalanan Jauh

Saat merencanakan perjalanan jauh atau wisata, anda mungkin akan melewatkan menyiapkan bekal makanan untuk dinikmati selama perjalanan. Anda mungkin terlalu sibuk mengurusi keperluan atau mempersiapkan kebutuhan lainnya.

memilih makanan sehat saat perjalanan jauh
Jangan lupa tetap menjanga kesehatan saat dalam perjalanan jauh dong.. ;)
Biasanya, orang-orang berfikiran untuk singgah dan menikmati makanan di warung pada tengah perjalanan, atau lebih memilih berbekal makanan cepat saji (junk food) yang kurang baik untuk status kesehatan anda (baca : Efek Konsumsi Junk Food Terhadap Tubuh). Tips pada artikel ini mungkin bermanfaat bagi anda yang memilih untuk menyiapkan sendiri menu makanan sebagai bekal perjalanan atau memilih singgah di warung makan tertentu.

Berikut adalah enam cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan makanan sehat saat bepergian, seperti dikutip dalam Daily Health Post;

1. Tahu Pilihan Terbaik
Traveling sering melibatkan sejumlah pilihan makanan, entah dengan sarapan di hotel untuk menghemat biaya, atau pergi keluar dan makan bersama rekan bisnis Anda. Mencari dan memahami pilihan makanan yang cocok adalah cara terbaik untuk mendapat makanan sehat. Namun, Anda tidak boleh mengesampingkan faktor kesehatan dari makanan itu.

2. Membawa Cemilan
Jika Anda akan berkeliling kota selama satu hari, siapkanlah bekal cemilan agar Anda tidak tergoda untuk berhenti di setiap tempat makan. Bawalah cemilan yang rendah kalori tapi tetap mengenyangkan. Bawa pula cemilan saat Anda berkendara dengan mobil, sehingga tidak membuat Anda sering berhenti untuk jajan.

3. Sesuaikan Pesanan Anda
Beberapa restoran tidak mengizinkan Anda mengganti menu dalam hidangan yang mereka sajikan. Sebab itu, berhati-hatilah saat memilih restoran. Cari restoran yang bisa memberikan Anda makanan sehat, atau bisa mengganti makanan tinggi lemak dengan salad atau sayur-sayuran.

4. Pelajari Lingkungan
Daripada menuju restoran cepat saji (yang tentu Anda sudah tahu menunya), lebih baik berkeliling untuk meninjau lokasi sekitar untuk menemukan restoran yang menyediakan makanan sehat. Anda juga bisa menggunakan bantuan search engine. Selain mendapatkan informasi mengenai makanan sehat, biasanya harga akan dicantumkan juga. Sudah sehat, hemat pula.

5. Cukup Air
Pastikan untuk tetap terhidrasi selama perjalanan Anda. Bawalah botol minum, sehingga Anda dapat mengisinya kembali. Membawa air sendiri akan menghindari Anda dari jajanan minuman yang tak sehat.

6. Manjakan Diri Sesekali
Jika Anda akan pergi ke tempat yang menawarkan kuliner khas, jangan ragu untuk mencobanya. Namun, jangan berlebihan. Kuliner khas suatu daerah sering kali mengandung lemak atau bahan-bahan tak sehat lainnya. Sesekali manjakan diri dan lidah Anda selama perjalanan, sekaligus menikmati khasanah kuliner daerah tersebut.


Semoga tips di atas bermanfaat bagi anda yang ingin tetap menjaga kesehatan dalam perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar