Rabu, 26 Juni 2013

Sumber Yodium yang Penting bagi Ibu Hamil & Perkembangan Otak Bayi

Ibu hamil perlu mengasup setidaknya 220 mcg yodium dalam sehari, sementara 290 mcg untuk ibu menyusui. Yodium akan bermanfaat untuk perkembangan otak janin atau bayi. Kurangan yodium saat kehamilan menyebabkan 60 persen bayi terlahir dengan risiko IQ rendah dan kemampuan membaca yang buruk, dengan kemungkinan 60 persen.

Uji urin terhadap 1.040 wanita hamil (pada trimester pertama kehamilan) oleh Avon Longitudinal Study of Parents and Children (ALSPAC) di Inggris misalnya, menyebut 67 persen calon ibu kekurangan yodium. Untuk memastikan kehamilan yang aman dan sehat bagi ibu dan bayi, berikut empat makanan terbaik, peningkat kadar yodium.

strawberry sumber yodium
Strawberry salah satu sumber yodium


1. Udang, lobster, dan tuna kaleng (masing-masing berkadar yodium 35 mcg, 100 mcg, dan 17 mcg).
Pecinta makanan laut bisa memperoleh asupan yodium dari hidangan favorit mereka. Udang mengandung 35 mcg yodium, yang menyumbang 25 persen asupan harian yang disarankan. Selain yodium, udang juga kaya protein, vitamin B-12, dan zat besi.

Makanan laut jenis lobster mengandung 60 persen dari jumlah yodium harian yang disarankan. Seratus gram lobster mengandung 100 mcg yodium, lengkap dengan kandungan lemak rendah dan karbohidrat.

Tuna, yang dijual dalam bentuk kalengan di supermarket, juga salah satu sumber terbaik yodium. Tuna kalengan mengandung yodium 17 mcg atau 11 % DV; selain tinggi kadar protein, vitamin D, dan zat besi.


2. Kentang (60 mcg atau setara 40% DV)
Sebutir kentang berukuran sedang mengandung 60 mcg yodium, atau sekitar 40 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Kentang juga mengandung serat, vitamin, dan kalium.


3. Stroberi (13 mcg atau setara 9% DV)
Buah sumber vitamin C ini bermanfaat bagi kebugaran serta kekebalan tubuh calon ibu dan bayi. Selain itu, stroberi membantu dalam kesehatan prenatal karena mengandung folat dan vitamin B.

Seperti yodium, folat sangat penting selama tahap awal kehamilan, yakni untuk membantu perkembangan sistem saraf, tengkorak, dan sumsum tulang belakang bayi. Secangkir sajian stroberi mengandung 13 mg yodium, kira-kira kurang dari 10 persen DV.


4. Keju Cheddar (12 mcg atau setara 8% DV)
Taburan keju cheddar pada burger, roti, atau salad mengadnung 12 mcg yodium (8 persen DV). Selain yodium, keju juga mengandung protein, besi, seng, dan kadar kalium yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.


Sumber : suaramerdeka.com |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar