Jumat, 21 Juni 2013

Makanan Sehat untuk Perokok yang Meluruhkan Nikotin dalam Tubuh

Nikotin merupakan senyawa alkaloid (zat yang berbahan dasar atom nitrogen) yang terdapat pada akar dan daun tembakau. Nikotin pada tembakau berkisar 0,6 hingga 3% berat tembakau. Di alam, kandungan nikotin pada tumbuhan berfungsi untuk mengusir serangga, nikotin merupakan insektisida alami. Kandungan nikotin dalam rokok beresiko terhadap gangguan fungsi paru yang memicu munculnya penyakit emfisema, bronkitis, tuberkolosis, dan infeksi paru.

'Perjalanan' nikotin dari paru - paru ke otak terbilang amat cepat, cuma 7 detik saja. Setibanya di otak, nikotin dapat merangsang pelepasan dopamin, yakni satu neurotransmitter penting yang terlibat dalam pembentukan suasana hati atau mood, selera makan serta manfaat otak yang lain. Saat seseorang merokok, maka nikotin dapat masuk serta mulai menumpuk didalam tubuh.

Lama-kelamaan seseorang dapat punya kebiasaan dengan nikotin serta bila ia tidak mendapatkan jumlah yang sama maka tubuh dapat menghendaki lebih. Nikotin rokok mengandung banyak zat adiktif yang membuat perokok pemula lebih cepat mengalami kecanduan.

brokoli makanan sehat berhenti merokok
Brokoli dan aneka sayuran hijau lainnya,
merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi jika anda ingin berhenti merokok.

Nah, bagi Anda yang sudah memutuskan untuk berhenti merokok. Anda bisa membuang seluruh nikotin dari tubuh Anda sampai batas tertentu dengan memiliki makanan sehat dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi untuk meluruhkan nikotin di dalam tubuh:

Sayuran Berdaun Hijau
Bayam adalah sayuran berdaun hijau gelap terbaik yang tidak hanya kaya akan vitamin, tetapi juga asam folat. Jika Anda sedang hamil dan khawatir tentang jumlah nikotin dalam tubuh Anda, mulailah konsumsi bayam.

Brokoli
Sayuran hijau ini merupakan sumber yang kaya vitamin C dan B5. Merokok mengurangi kandungan vitamin C dari tubuh. Jadi, mengonsumsi brokoli bisa mengurangi nikotin dari tubuh.

Jus Wortel
Jika Anda merokok sekali, nikotin akan tetap dalam tubuh selama 3 hari. Jika Anda seorang perokok, nikotin akan merusak kulit Anda dan juga membuat Anda terlihat kusam. Jus wortel baik untuk kulit Anda dan juga kaya akan vitamin A, C, dan K, B yang membantu menghilangkan nikotin dari sistem tubuh.

Buah Delima
Buah merah dan juicy ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan jumlah sel-sel darah dalam tubuh. Untuk mengurangi dorongan ketagihan nikotin, makanlah beberapa buah delima.

Buah Kiwi
Buah ini membantu membuang nikotin dari tubuh. Buah ini merupakan sumber yang kaya vitamin A, C dan E. Ketika Anda merokok, vitamin-vitamin ini akan berkurang dalam tubuh.

Buah Berry
Aneka jenis buh Berry seperti stroberi mampu membantu membuang nikotin dan racun berbahaya lainnya dari tubuh.

Jeruk
Jus jeruk merupakan sumber yang kaya vitamin C. Anda dapat menaikkan metabolisme tubuh Anda dan mengurangi stres dengan minum jus jeruk secara teratur.
Baca juga : Buah-buahan yang sehat bagi Perokok 

Air putih
Merokok menyebabkan dehidrasi. Menurut banyak peneliti, Anda dapat berhenti merokok dan mengurangi nikotin dari tubuh dengan banyak minum air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar