Rabu, 26 Juni 2013

Manfaat Kacang Merah untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang merah sangat penting. Kacang merah yang biasanya diolah sebagai bahan sayur selain memiliki rasa yang enak, juga bermanfaat untuk menambah pasokan energi tubuh. Sebagai salah satu sumber energi, kacang merah tentu cocok jadi menu di bulan Ramadhan. Baik sebagai menu buka puasa dengan es kacang merah maupun diolah menjadi sayur untuk sahur.

Walaupun memiliki manfaat yang penting, kacang merah bukan menu favorit banyak orang karena dianggap memicu kenaikan berat badan dan mengandung gas. Namun, dengan menerapkan gaya hidup sehat, manfaat kacang merah tentu jadi prioritas. Malah, dengan kacang merah, kita dapat mengontrol berat badan.

manfaat kacang merah
Kacang merah dengan manfaat yang baik untuk tubuh.

Kacang merah merupakan makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh Anda, terutama jantung. Namun ingat, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kacang merah, sebagaimana kami lansir dari Boldsky.

1. Kacang merah sumber vitamin
Kacang merah juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B, yang penting untuk sel-sel otak. Vitamin ini memelihara saraf otak dan sel-sel yang mencegah penyakit yang terkait usia seperti Alzheimer.

2. Mengontrol berat badan
Anda dapat menambahkan kacang merah ke dalam semangkuk salad atau sup rendah kalori saat makan. Makanan ini baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan karena memberi rasa kenyang yang lebih lama.

3. Mempermudah buang air besar
Serat yang dikandung kacang merah dapat membantu mempertahankan gerakan usus yang sehat. Jika dimakan dalam jumlah yang tepat, kacang merah membantu membersihkan saluran pencernaan. Buang air besar secara teratur berhubungan dengan rendahnya risiko kanker usus besar.

4. Menjaga gula darah
Kacang merah terkenal kaya serat. Serat ini dapat menurunkan tingkat metabolisme kandungan karbohidrat dalam kacang-kacangan.

5. Kacang merah pemasok energi
Kacang merah dapat meningkatkan energi karena tinggi kandungan zat besi. Makanan sehat ini mengandung banyak zat besi yang merupakan sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme serta energi tubuh. Kacang merah juga membantu sirkulasi penyaluran oksigen ke seluruh tubuh.

6. Kardiovaskular
Kacang merah juga mengandung banyak magnesium dan serat yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Ingin terhindar dari risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit pembuluh darah perifer? Makan kacang merah!

7. Kacang merah baik untuk otak
Kacang merah menawarkan manfaat yang luar biasa bagi otak. Makanan sehat  ini mengandung banyak vitamin K yang menyediakan nutrisi penting untuk otak dan sistem saraf, sehingga membantu proses kerja otak secara fisiologis.


Selain beberapa manfaat di atas. kacang merah juga sangat baik dalam membantu program diet karena kandungan fibernya akan membuat Anda merasa kenyang dan kalorinya juga sangat rendah. Pasokan energi kacang merah tentu membuat anda lebih bertenaga untuk menjalankan aktifitas sehari-hari walaupun sedang menjalankan program diet. Apalagi kandungan protein nabatinya akan bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh.

Nah, jangan lupa untuk memasukkan kacang merah dalam list belanjaan anda ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar