Senin, 24 Juni 2013

Beberapa Jenis Makanan yang Bikin Cepat Tua

Pernah dengar pulau awet muda? Yah, ada pulau di Sumenep yang dijuluki pulau awet muda lantaran penduduknya banyak yang berumur panjang dan masih tetap bugar untuk bekerja. Pulau awet muda tersebut memiliki kualitas udara yang sehat, sehingga penuaan terhalau.

Lalu bagaimana jika kita hidup di lingkungan dengan kualitas udara biasa-biasa saja? masih bisakah kita mendambakan hidup awet muda? Tentu saja bisa, jika tidak ada udara yang sehat, maka sediakanlah makanan sehat yang membuat anda dapat memperlambat penuaan.

makanan cepat saji cepat tua
Hindari makanan cepat saji, dan konsumsi jenis makanan yang lebih alami untuk menghindari penuaan dini

Dr. Bryce Wylde menulis dalam bukunya yang berjudul The Antioxidant Prescription tentang makanan yang merusak kesehatan dan dapat menyebabkan penuaan dini.

Pada artikel kali ini, kami berbagi informasi mengenai makanan apa saja yang membuat anda makin cepat bertambah tua. Sebelum mengkonsumsi makanan sehat untuk awet muda, sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa makanan di bawah ini.

Makanan yang Menyebabkan Penuaan Dini


Makanan Cepat Saji / Fast Food


Baca : Efek Konsumsi Fast Food terhadap Tubuh Anda
Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji biasanya akan dipakai terus berulang-ulang dan mengandung lemak jenuh. Sehingga, apabila makanan tersebut masuk ke dalam tubuh akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Minyak adalah radikal bebas dan bisa memicu kanker. Dan untuk menetralkan radikal bebas perlu antioksidan. Kalau misalnya antioksidan dipakai untuk makanan yang tidak baik, akhirnya penggantian sel-sel terhambat. Inilah yang mengakibatkan penuaan dini.

Makanan mengandung Olestra

Olestra biasanya mudah ditemukan pada aneka keripik, utamanya keripik kentang. Olestra atau lemak sintetis biasanya digunakan dalam pembuatan keripik kentang berlabel non fat serta beragam makanan ringan lainnya.

Meskipun berlabel non fat, makanan dengan kandungan olestra tidak terjamin makanan ini sehat.

Olestra yang digunakan sebagai pengganti lemak dapat melarutkan dan mengikat vitamin A, E, D, dan K, karotenoid dan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk mencegah penuaan dini.

Minuman Beralkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan telah terbukti bisa merusak fungsi hati & pencernaan. Ujungnya, sistem kekebalan tubuh kita pun tidak mampu melawan radikal bebas sehingga dapat mempercepat penuaan. Prosesnya memang tidak secara langsung, akan tetapi pelan-pelan menggerogoti tubuh kita.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung gula dan zat aditif yang cukup tinggi. Pada tingkat lanjut dapat menyebabkan diabetes, merusak sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko penuaan dini akibat radikal bebas.

Daging yang Mengandung Nitrat

Nitrat terdapat pada daging yang biasanya digunakan untuk bahan hot dog, pada makanan yang mengandung nitrat berfungsi untuk mempertahankan warna merah daging dan mengatasi mikroba yang merugikan.Sebenarnya, penggunaan nitrat tidaklah berbahaya, akan tetapi nitrat ini dapat dikonversi menjadi nitrit ketika berada di dalam tubuh.

Pada gilirannya, zat tersebut akan membentuk nitrosamin, yakni bahan kimia yang kuat dan dapat menyebabkan kanker. Bila memungkinkan, carilah daging organik atau daging yang dijual oleh peternak lokal yang tidak diberi nitrat.

Jika Anda harus makan makanan yang mengandung nitrat, ambil dosis ekstra vitamin C karena dapat mencegah konversi nitrit ke nitrosamin dalam perut.

Lemak Jenuh Produk Hewani

Lemak yang terdapat pada daging, kulit unggas dan segala jerohan yang terkandung di dalamnya mengandung lemak jenuh yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan cardiac disease seperti jantung dan stroke. Makanan ini juga dapat mengakibatkan obesitas dan penuaan dini.


Waktunya bagi anda mulai menyiapkan diri dengan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi menu makanan yang lebih alami untuk mencegah penuaan dini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar