Selasa, 11 Juni 2013

Tips Membuat Bekal Sekolah Anak yang Sehat & Bernutrisi

bekal sehat




Menyiapkan bekal makan siang untuk anak sangat bermanfaat untuk mengontrol asupan makanan sehat untuk sang buah hati. Bekal makanan yang dibuat sendiri di rumah tentu lebih baik dibandingkan jika anak harus membeli jajan di sekolah.

Untuk menyiapkan menu makanan sehat untuk bekal anak, berikut beberapa tips bermanfaat,

1. Berikan asupan karbohidrat yang tepat

Karbohidrat akan memberikan glukosa dalam tubuh untuk memberi makan pada otak anak. Tentu saja hal ini akan membantunya berkonsentrasi lebih dan memberikan banyak energi, sehingga membantunya dalam beraktivitas.

2. Sertakan buah dan sayur
Kombinasikan sayur dan buah dengan potongan-potongan lucu, agar anak tertarik untuk mencobanya. Atau bisa juga Anda berikan salad buah dan sayur dalam kotak makannya.

3. Tambahkan makanan kaya protein
Sumber protein tidak hanya berasal dari daging saja, Anda bisa membuat fariasi dengan memberi ikan atau telur, apalgi jika harga daging di pasaran melonjak. Selain protein hewani, tahu dan tempe juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Variasikan bentuk dan olahannya agar tak membosankan.

4. Masukan olahan susu
Anak-anak membutuhkan kalsium yang banyak untuk masa tumbuh kembangnya. Agar bekal makan siangnya lebih sehat, tambahkan sekotak susu susu dan beberapa potongan. Atau dapat juga diganti dengan yogurt rasa buah segar dan olahan lain yang berbahan dasar susu.

5. Jangan lupa sebotol air mineral
Selain susu segar, jangan berikan anak minuman ringan berbagai rasa, karena hal ini dapat membuat anak tidak lagi terbiasa untuk minum air putih. Biasakan agar anak membawa botol minum yang berisi air mineral agar tubuhnya tidak mengalami dehidrasi. Pilih botol minum dengan berbagai bentuk yang menarik dan lucu.


Sumber: food.detik.com |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar