Minggu, 30 Juni 2013

Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

manfaat omega 3 untuk kesehatan
Manfaat omega 3 untuk kesehatan


Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang amat diperlukan tubuh. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi sendiri jenis lemak ini hingga kebutuhan akan lemak jenis ini mesti diperoleh melewati konsumsi makanan.

Ternyata banyak makanan sehari-hari yang juga mengandung Omega 3, sebagian besar omega 3 bisa ditemukan pada ikan-ikanan layaknya ikan salmon, ikan tuna, ikan air tawar, makerel, hering, ikan tenggiri, serta ikan sarden (ikan lemuru). Beberapa pakar gizi menyebutkan bahwa tubuh memerlukan lebih kurang 300 mg omega 3 /harinya.

Mau tau apa saja manfaat omega 3 untuk kesehatan kita? Berikut ulsannya;

1. Meningkatkan mood & kebugaran tubuh
Bentuk lain dari omega 3 yaitu DHA yang bisa menaikkan 25% dari lemak tubuh anda dan mengolahnya menjadi produksi dan mengalirkan hormon kimia serotonin yang membuat mood baik. Orang yang sedang dilanda depresi biasanya karena kekurangan DHA.

Para peneliti meyakini bahwa suplemen DHA lebih pas dan efektif sebagai alternatif obat anti depresan. Demikian kata David Perlmutter, MD penulis buku The Better Brain Book, dan ahli dalam hubungan nutrisi dan kelainan syaraf. Tapi jangan bergantung pada suplemen yang tersedia di apotik, coba cari berbagai pilihan yang tersedia lainnya.

2. Melindungi kesehatan jantung
Omega 3 bisa turunkan tekanan darah serta mengurangi gumpalan lemak. Disamping itu omega 3 juga bisa menolong memerangi diabetes. Diabetes merupakan komponen yang kuat, yang mengarah ke semakin banyak risiko pengembangan penyakit jantung. omega 3 menolong sel darah rendah gula, kunci untuk hindari diabetes.

Bagaimana langkah mendapatkan omega 3 ?? konsumsilah makan seperti bayam, alpukat, serta minyak canola, dan produk berbahan kedelai yang memiliki kandungan lemak tidak jemu layaknya tahu, semuanya mengandung bentuk omega 3 yang disebut ASN yang bisa menolong menghindar penyakit jantung.

Konsumsi ikan 2 x 1 minggu juga dapat menolong menghindar penyakit jantung. serta bila anda suka telur dapat juga untuk memencegah penyakit jantung, dikarenakan telur juga memiliki kandungan omega 3.

3. Memerangi rasa nyeri

Peneliti di University of Pittsburgh Medical Center, Joseph C Maroon, mendapatkan bahwa nyaris dua pertiga pasien penderita kronis leher serta punggung sakit sukses mengatasi masalahnya dengan mengkonsumsi minyak ini. sesudah mengkonsumsi pil anti nyeri berbentuk pil minyak ikan, rasa sakit dapat membaik kurun waktu 20-30 hari. Ini di antara manfaat omega 3 yang mampu memerangi peradangan.

Bagaimana langkah mendapatkannya? tak perlu mesti mengkonsumsi pil minyak ikan, kata dokter Joseph C Maroon. Cukup konsumsi ikan air laut layaknya salmon serta kembung dan ikan dari danau, kandungan omega 3 untuk menangani nyeri dapat didapatkan.


Sumber: life.viva.co.id |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar