Selasa, 09 Juli 2013

Tubuh Anda butuh Puasa. Inilah Alasannya

Suatu kesempatan terbaik bisa berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan. Umat muslim menjalankan ibadah berpuasa, sudah bukan rahasia lagi bahwa berpuasa itu menyehatkan, bukan hanya semata-mata anjuran agama, namun secara medis atau ilmiah hal tersebut sudah nyata.

puasa sehat
Puasa itu menyehatkan ...

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Menurut The National Academy of Sciences, manfaat puasa bagi kesehatan diantaranya adalah menambah ketahanan tubuh terhadap stres, meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, dan bahkan membuat awet muda dan panjang umur. Berikut adalah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan kita :
  1. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Berpuasa di bulan Ramadhan membantu anda untuk mewujudkannya. Saat uasa lemak yang dibakar lebih banyak karena terjadi perubahan drastis dalam pola asupan kalori sehingga dapat dimanfaatkan sebagai shock therapy bagi metabolisme badan dalam membakar lemak lebih banyak. bagi anda yang menjalankan diet khusus, jalani beberapa tips diet sehat saat berpuasa
  2. Penurunan berat badan dan meningkatnya sensitivitas insulin saat berpuasa akan membantu dalam kontrol terhadap diabetes dan mengurangi tekanan darah. Bagi anda yang menderita diabetes, ada baiknya menjalankan ibadah puasa, namun harus tetap memperhatikan kondisi kesehatan anda. Baca: Puasa Sehat bagi Penderita Diabetes.
  3. Berpuasa di bulan ramadhan berfungsi sebagai proses detoksifikasi atau proses pengurangan kadar racun dari dalam tubuh karena zat racun yang tersimpan lemak akan larut lalu dikeluarkan dari tubuh.
  4. Meningkatkan kondisi mental, kewaspadaan, dan fokus karena beberapa hormon tertentu seperti endorfin mengalami peningkatan dalam darah setelah beberapa hari berpuasa.
  5. Menghentikan atau setidaknya mengurangi berbagai kebiasaan buruk atau pola hidup tidak sehat yang merugikan kesehatan seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, menggunakan narkoba, begadang, dan lain-lain. Jelas sekali menghentikan berbagai kebiasan yang merugikan kesehatan tersebut akan membuat Anda lebih sehat, awet muda, dan panjang umur.
  6. Mengurangi dan mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Saat berbuka puasa, Anda akan menyadari betapa sedikit saja mengonsumsi makanan dan minuman sudah cukup membuat perut kenyang dan memuaskan napsu makan Anda. Hal tersebut akan membuat Anda lebih bijak dalam menentukan seberapa banyak porsi makan Anda termasuk setelah bulan puasa berakhir.
  7. Dengan berpuasa, kita melatih kedisiplinan dalam pola hidup sehat. Memen puasa menjadi ajang melatih diri agar lebih disiplin dalam mengatur waktu makan, tidur, dan beraktivitas. Pengaturan disiplin waktu makan dan kebutuhan untuk beristirahat (tidur) yang cukup agar dapat beraktivitas optimal di keesokan harinya akan membuat pola hidup Anda lebih sehat. Jadi, manfaatkan bulan Ramadhan untuk membuasakan diri dengan pola hidup sehat.
  8. Mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular terkait kolesterol. Manfaat ini diperoleh karena saat berpuasa terjadi perbaikan profil lipid darah, termasuk penurunan level LDL (kolesterol buruk) sehingga rasionya lebih rendah daripada HDL (kolesterol baik).
  9. Mengalihkan penggunaan glukosa ke lemak sebagai sumber energi secara perlahan sehingga mencegah kerusakan otot. Penggunaan lemak untuk energi akan membantu menurunkan berat badan, mempertahankan massa otot, dan dalam jangka panjang akan mengurangi kadar kolesterol darah.

Dibalik hikmat diperintahkannya umat muslim untuk berpuasa selama sebulan penuh sudah sangat pas. menurut penelitian, puasa lebih dari 30 hari dapat beresiko menimbulkan beberapa masalah kesehatan.


Untuk melengkapi pemahaman mengenai apa saja manfaat Puasa bagi kesehatan secara ilmiah, baca juga : 20 Bukti Ilmiah Manfaat Tersebunyi Puasa Ramadhan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar