Rabu, 10 Juli 2013

Tips Memilih Pisang untuk Dibuat Kolak

pisang kepok untuk kolak
Siap diolah jadi kolak pisang !!!

Menu kolak pisang boleh disebut sebagai salah satu menu nusantara yang sangat digemari. Apalagi di bulan puasa, kolak pisang seakan menjadi primadona saat berbuka puasa. Manis dan segar, itulah rasa dari kolak pisang. Untuk menyempurnakan sajian kolak pisang anda, ada baiknya mengolah pisang yang berkualitas baik. Tips memilik pisang untuk kolak pada artikel kali ini mungkin bermanfaat bagi anda ;)

Diantara berbagai bahan yang bisa diolah menjadi kolak, pisanglah yang paling banyak dimanfaatkan. Rasa pisang yang dasarnya memang manis, dengan tekstur yang lembut, serta pengolahannya yang mudah jadi alasan. selain itu buah pisang tak mengenal musim.

Untuk mengolah pisang menjadi kolak, pilihlah pisang yang masak pohon atau tua agar lebih segar. Karena jika pisang masih muda pasti teksturnya keras sementara itu rasanya juga agak asam. Jenis pisang yang cocok untuk kolak adalah pisang kepok kuning dan pisang tanduk. Diantara keduanya, jenis pisang yang paling enak tentunya pisang kepok kuning. Pisang masak pohon ditandai dengan warna kuning kehijauan yang tidak merata di beberapa bagian pisang.

Saat mengolahnya, kupas pisang dan potong-potong lalu rebus bersama santan dan gula merah yang sudah dididihkan. Tunggu hingga bagian pisang menjadi lunak dan agak bening. Agar kuah kolah tak menjadi kebiruan atau dekil, pakai pisang yang tua. Sebaiknya jangan memakai pisang raja, karena pisang ini mudah sekali luntur getahnya dan membuat kolak agak kebiruan.

Ciri Pisang Kepok yang Berkualitas Baik

Nah, ketahuilah pisang kepok yang baik, ini dia beberapa ciri-cirinya:
    Pisang kepok yang baik
  • Bentuk padat, besar dan bila dingkat lebih berat dibanding Pisang Kepok Putih.
  • Kulit pisang terlihat berbintik-bintik hitam kecil (tidak perlu penuh).
  • Supaya pisang tidak terlalu cepat matang dan lebih tahan lama, pisang dibungkus plastik lalu disimpan dalam Lemari Es.\

Saat memilih pisang, perhatikan baik-baik warna pisangnya, jangan sampai pisang yang anda beli adalah pisang semprotan zat kimia untuk mempercepat masaknya buah pisang. Ciri yang membedakan pisang yang disemprot dengan pisang masak dipohon (matang dipohon) adalah :
  • Pisang matang disemprot warnanya kuning merata dalam satu sisir.
  • Pisang matang dipohon warna kuningnya tudak merata dalam satu tandan (sebagian berwarna kuning sebahagian lainnya masih mentah atau berwarna hijau).

Untuk resep membuat kolak pilihan kami, anda bisa membacanya disini : Resep Kolak Pisang Khas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar