Selasa, 16 Juli 2013

6 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi di Bulan Puasa Agar Tubuh Tetap Sehat

buah mangga segar saat puasa
Buah semangka yang segar adalah salah satu buah yang baik untuk buka puasa.

Kebutuhan akan cairan setelah seharian berpuasa membuat tubuh kita lemas di sore hari. Di saat berbuka puasa, air putih atau teh hangat / es teh mungkin jadi pilihan sederhana untuk berbuka. Namun, jika sedang tersedia, ada baiknya menikmati kesegaran dari buah-buahan yang sangat baik untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Manfaat makan buah-buahan di bulan puasa sangatlah besar. Berikut ini beberapa buah-buahan terbaik untuk dikonsumsi pada bulan puasa, termasuk manfaat sehat apa saja yang diberikan terhadap tubuh kita;


1. Kurma
Yang paling pertama, tentu saja buah kurma. Lalu kenapa mesti kurma? Di saat berbuka puasa, organ pencernaan (khususnya lambung) butuh sesuatu yang lembut agar dapat kembali bekerja dengan baik. Jadi makanannya haruslah yang mudah untuk dicerna dan juga mengandung gula dan air dalam satu makanan. Tidak ada makanan yang mengandung gula dan air yang lebih baik daripada yang disebutkan oleh hadits Rasul.

Nutrisi makanan yang paling cepat bisa dicerna dan sampai ke darah itu adalah zat gula, terlebih makanan yang mengandung satu atau mungkin dua zat gula (kalau tidak glukosa, ya sukrosa).

Nah, dalam hal makanan dengan kandungan gula yang baik, kurma adalah makanan yang paling baik. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87% dan glukosanya sebanyak 55%, fructose (fraktosa) 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin (seperti vitamin A, B2, B12). Fraktosa bakal diubah jadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan, lantas dikirim ke seluruh tubuh, khususnya ke organ-organ inti seperti otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang.

Bahkan, dalam buah kurma terkandung juga sejumlah zat penting lainnya seperti berikut: kalsium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, phosphor, potasium, seng (zinc), florin, nuhas (tembaga), salyolosa, dan sebagainya.

2. Buah Semangka
Berbeda dengan buah kurma yang merupakan buah impor dari timur tengah, semangka lebih mudah didapatkan di indonesia. Memakan semangka saat berbuka dapat mengatasi dahaga setelah seharian berpuasa. Buah merah ini juga dipercaya dapat menyejukkan tubuh karena kaya akan likopen. Selain itu, buah semangka mengandung banyak vitamin A dan C yang dibutuhkan tubuh.

3. Buah BlewahDengan mengkonsumsi buah blewah, kita dapat mencegah tubuh kekurangan cairan. Kandungan air yg tinggi pada buah blewah membantu tubuh mengatasi kondisi dehidrasi setelah 14 jam tidak mendapat asupan cairan. Blewah mengandung zat gula. Karena saat berbuka tubuh membutuhkan zat gula yang cepat diserap tubuh setelah seharian berpuasa, jika kurma tak tersedia, buah blewah mungkin bisa jadi alternatif yang baik.

Selain itu blewah mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

4. Buah PepayaBuah pepaya yg telah dikenal sebagai buah baik bagi proses pencernaan, pepaya sangatlah baik untuk dikonsumsi pada saat bulan puasa karena mengandung mineral yang cukup tinggi. Komposisi mineral yang terkandung dalam pepaya seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium sangat baik bagi tubuh. Selain itu pepaya kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh.

5. Buah PisangBUah pisang merupakan salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi di bulan puasa. Pisang kaya akan karbohidrat yang terusun dalam zat pati dan zat gula. Dua zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk cepat menggantikan energy saat berbuka. Selain mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh, pisang juga mengandung kalium dan natrium, mineral yang baik untuk relaksasi otot.

6. Buah Mangga
Buah mangga dapat menjadi sumber energi sehingga buah ini baik untuk dikonsumsi di bulan puasa, selain memberikan energi kepada tubuh, mangga juga sangat baik kandungan serat dan vitaminnya. Karbohidrat yang terkandung di dalam buah ini menjadi penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh. Selain itu mangga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A,C dan B kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Baca juga : Manfaat dan Khasiat Buah Mangga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar