Sabtu, 16 Januari 2016

7 Manfaat Jambu Bol yang Belum Anda Ketahui

Jambu bol atau jambu merah ini adalah sejenis jambu juga akan tetapi buahnya cukup besar dan berwarna merah. Buah ini juga sering disebut sebagai Malay apple dan nama ilmiahnya itu adalah Syzygium malaccense yang disebut bahasa dari Malaka, yaitu asal dari jambu bol tersebut.

Nama lain dari buah jambu bol yakni jambu jambak (Minangkabau), jambu bool (Sunda), nyambu bol (Bali), jambu bolo (Makassar.), jambu bolu (Bugis.), jambu darsana, dersana, tersana (Jawa dan Madura), kupa maaimu (Sulut), nutune, lutune, lutu kau, rutuul (Maluku).

Bauh jambu bol memiliki daging yang padat, tak tipis dan berwarna putih serta memiliki rasa yang asam manis sampai manis, sari buah yang banyak hingga wangi yang khas. Buah jambu bol di dalamnya ada biji yang bulat dan mimiliki warna kecoklatan. Buah jambu bol cukup banyak kandungan gizinya, ini hampir sama seperti jambu-jambu yang lain yang sejenis seperti jambu air, jambu semarang atau jambu cincalo.

7 Manfaat Jambu Bol yang Belum Anda Ketahui
Jambu bol

Kandungan nutrisi buah jambu bol per 100 gr :
  1. Tenaga = 56 kkal
  2. Protein = 0, 6 gr
  3. Lemak = 0, 3 gr
  4. Karbohidrat = 14, 2 gr
  5. Kalsium = 29 mg
  6. Fosfor = 16 mg
  7. Zat Besi = 1 mg
  8. Vitamin A = 130 IU
  9. Vitamin B1 = 0, 02 mg
  10. Vitamin C = 22 mg.
Jika dilihat dari kandungan nutrisi dari buah jambu bol ini wajar kalau jambu bol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda. Jambu bol ini juga mengobati berbagai penyakit serta sebagai makanan tambahan untuk mempercantik kulit anda. Mau tahu apa saja manfaat dari jambu bol ini ?? yuk mari kita simak sama-sama dibawah :

1. Mengobati diabetes

Semua sisi pohon jambu digunakan untuk mengobati diabetes, sakit kepala, sembelit, batuk dan radang selaput lendir pada saluran napas. Jambu bol ini juga bisa langsung anda konsumsi untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh anda.

2. Meredakan disentri

Disentri adalah penyakit yang bisa menular, jika tidak segera diobati maka akan menular pada siapa saja yang ada didekatnya. Akar jambu bol bersifat diuretik dan dapat mengatasi bengkak, meredakan disentri, dan meredakan haid.

3. Mengobati sariawan

Air seduhan kulit kayu jambu bol dapat meredakan sariawan, sementara bubuk dari daun keringnya dapatlah untuk mengatasi luka di lidah. Kandungan vitamin c yang terdapat dalam jambu bol ini sangat efektif untuk mengobati sariawan.

4. Mengatasi demam dan pelembab kulit

Air seduhan daun, buah dan bijinya dapat digunakan untuk mengatasi demam. Jus daun mudanya bisa pula digunakan sebagai pelembab kulit. Pelembab kulit alami dari jambu bol pastinya akan lebih bagus dibandingkan menggunakan bahan-bahan kimia.

5. Mengobati infeksi mulut dan permasalahan tenggorokan

Jus daun jambu digunakan untuk mengobati infeksi mulut. Ekstrak kulit kayunya digunakan untuk infeksi tenggorokan, sakit perut dan permasalahan lain pada pencernaan.

6. Sebagai antibiotik

Biji, kulit kayu dan daun jambu bol tunjukkan aktivitas antibiotika dan memiliki efek pada tekanan darah dan pernafasan. Sehingga tubuh anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

7. Mengobati gatal-gatal

Yang dimanfaatkan disini adalah akar dari jambu bol, karena bisa mengobati gatal-gatal pada tubuh anda. Carnnya gampang sekali tinggal oleskan akar jambu bol tersebut yang sudah ditumbuk menjadi bubuk pada bagian kulit yang gatal.

Itu 7 manfaat jambu bol yang perlu anda ketahui, dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari jambu bol ini. Tapi mungkin beberapa dari manfaat diatas sudah dapat membantu anda mengetahui inti dari manfaat jambu bol. Akhir kata semoga bermanfaat dan salam sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar