Minggu, 28 April 2013

Tips Alpukat Agar Cepat Matang. Ini dia caranya !!!

buah alpukat
Tips cerdas membuat buah alpukat cepat matang dan siap dikonsumsi




Buah alpukat atau apokat sangat populer dalam bentuk olahan jus buah yang segar. Buah yang berasal dari benua Amerika ini, memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh seperti menurunkan tingkat kolesterol darah, membantu mengontrol gula darah, hingga menjaga kesehatan jantung.


Nah, bagi anda yang tinggal di daerah yang mudah mendapati buah Alpukat, biasanya buah yang dijual masih dalam keadaan mentah/mengkal sehingga belum dapat dikonsumsi sebagai jus atau olahan lainnya.

Berikut ini kami bagikan tips bermanfaat yaitu cara agar buah alpukat cepat matang atau masak dan siap dikonsumsi.

1. Bungkus buah Alpukat dalam kantong

Alpukat akan matang dalam waktu tiga sampai empat hari saat disimpan dalam kantong kertas pada suhu kamar. Ketika tidak menemukan kantong kertas, Anda bisa menggunakan kertas koran untuk membungkus buah tersebut.

2. Membenamkan Alpukat ke dalam tepung

Cara lain mempercepat pematangan alpukat adalah dengan menguburnya dalam tepung. Metode ini juga efektif mematangkan jenis buah-buahan lain.

3. Tempatkan di dekat jendela

Agar alpukat siap dikonsumsi dalam waktu sekitar 2 hari, Anda dapat menempatkannya di jendela. Cara ini akan membuat alpukat lebih cepat matang daripada sekedar meletakkannya di dapur. Periksa kematangan alpukat dengan menekan buahnya. Jika warna telah berubah dan daging terasa lebih lembut, maka alpukat siap untuk dimakan.

4. Simpan alpukat berdekatan dengan buah lain yang sudah matang

Untuk mempercepat pematangan, bungkus alpukat dalam kantong kertas bersamaan dengan buah lain seperti pisang, apel, atau tomat yang sudah matang. Bagaimana pengaruhnya? Gas etilen yang dilepaskan dari buah yang sudah matang akan mempercepat proses pematangan alpukat. Pastikan untuk menyimpan buah-buahan tersebut pada suhu kamar.


5. Cara lain dengan menggunakan microwave

Alpukat bisa cepat matang dengan menggunakan microwave. Namun demikian, gunakan metode ini sebagai pilihan terakhir karena alpukat yang matang dengan bantuan microwave akan memiliki rasa berbeda.

Nah, untuk teknik yang kelima ini, butuh cara yang khusus, ikuti langkah-langkah di bawah ini ;

  • Pertama, tusuk semua sisi buah alpukat menggunakan garpu. Alasi piring microwave dengan kain atau tisu sebelum meletakkan alpukat diatasnya.
  • Gunakan panas sedang dan atur waktu selama 30 detik. Periksa buah alpukat apakah sudah terasa lebih lembut.
  • Jika masih keras, ulangi proses ini selama 30 detik lagi. Ulangi terus jika diperlukan, sampai alpukat menjadi lunak.
  • Alpukat yang matang melalui microwave ideal digunakan untuk campuran resep makanan atau minuman, namun tidak untuk konsumsi langsung.
  • Jika dimakan langsung, alpukat yang matang melalui microwave tidak akan terasa segar.


Nah, sebaliknya jika anda ingin buah alpukat tidak cepat matang alias ingin membuatnya lebih awet, anda dapat menyimpan buah tersebut dalam lemari es. Alpukat yang disimpan dalam lemari es bisa bertahan hingga lebih dari seminggu.


Sumber: oketips.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar