Kamis, 04 April 2013

Sumber Zat Besi yang Bukan Daging

Zat besi merupakan senyawa yang diperlukan oleh tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Sumber makanan yang kaya akan zat besi adalah daging, oleh karena itu, konsumsi daging sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi anda yang mengalami sedikit kesulitan dalam mengkonsumsi daging (atau jenis daging tertentu saja), atau malah anda seorang vegetarian, maka alternatif sumber zat besi lain yang non-daging bisa anda konsumsi. Ada lima sumber zat besi lain yang bisa Anda nikmati seperti yang dilansir dari Shine berikut ini.

Bayam
Film kartun Popeye mungkin tidak berbohong jika mengonsumsi bayam bisa membuatnya kuat, sebab bayam memang mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh.
 
Gandum
Jika selama ini Anda terbiasa mengonsumsi nasi untuk sarapan, cobalah gandum sebagai tambahan asupan zat besi yang baik bagi tubuh.

Sirup mapel
Selain zat besi, kandungan lain pada sirup mapel adalah senyawa quebecol yang bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri.


Ketela rambat
Makanan rakyat yang mudah didapat ini juga kaya akan zat besi, jadi jangan ragu untuk mengonsumsinya ya!

Aprikot kering
Buah aprikot atau buah plum kering memang agak susah ditemukan di Indonesia (jika ada, harganya juga lumayan mahal karena termasuk buah impor), namun jangan ragu untuk memakannya jika Anda menemukan buah ini sebagai asupan zat besi bagi tubuh.


Nah, saatnya memenuhi segala kebutuhan tubuh akan nutrisi dan berbagai zat yang dibutuhkan tubuh demi kelancaran metabolisme. Salam sehat!


Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar