Selasa, 16 April 2013

Ikan Mas Krispi Yang Tidak Berduri

Ikan mas banyak mengandung duri, sama dengan ikan bandeng. Namun demikian kita coba siasati memasak ikan mas ini agar supaya anak-anak mau mengkonsumsi ikan mas. Seringkali ikan mas hanya dimasak kuah atau dipepes sehingga anak-anak kurang menyukainya. Dengan cara digoreng seperti ini akan menambah selera makan dan juga mengurangi duri di dalam daging ikan.
Pertama anda bersihkan dan potong ikan mas menjadi empat, lalu taburi dengan garam, bubuk ketumbar, bubuk kunyit dan cuka. Biarkan ikan terendam bumbu dan cuka selama 24 jam di dalam kulkas. Kemudian setelah 24 jam maka ikan akan lebih lunak lalu iris lebih tipis lagi yaitu setebal 1cm. Cuci lagi dengan air bersih untuk mengurangi rasa garamnya. Kemudian olah menjadi ikan mas krispi. resepnya di bawah ini.
Ikan Mas Krispi
Bahan
Ikan Mas
Tepung Krispi (Kobe)
Minyak goreng
Sedikit air untuk mencairkan tepung

Cara Membuat
1. Ikan mas yang telah diiris tipis cuci kembali, kemudian taburi dengan tepung krispi kering. Biarkan sebentar agar bumbu tepung krispi terserap.
2. Siapkan dua buah mangkuk yang berisi tepung krispi kering dan tepung krispi cair.
3. Panaskan minyak di wajan.
4. Ambil sepotong ikan mas, lalu masukkan dan gulung-gulung ke dalam tepung krispi kering.
5. Selanjutnya sisihkan di tempat lain.
6. Ambil satu persatu ikan mas yang telah berbalur tepung krispi kering dan masukkan ke dalam tepung krispi yang telah dicairkan.
7. Kembalikan lagi untuk yang kedua kalinya, ikan mas yang telah berbalur tepung krispi cair ke dalam tepung krispi kering.
8. Goreng ke dalam minyak dengan panas sedang sampai berwarna keemasan.
9. Hidangkan dengan sambal jeruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar