Minggu, 02 Februari 2014

Efek Konsumsi Fast Food/Junk Food terhadap Tubuh Anda

efek fast food / makanan cepat saji terhadap kesehatan tubuh
Daftar kalori dalam makanan cepat saji / fast food

Makanan cepat saji dapat mengganggu proses diet yang sehat. Makanan cepat saji atau makanan sampah (junk food) yang tinggi lemak, sodium dan gula, dapat menyebabkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung dan arthritis. Berikut adalah fakta-fakta tentang bagaimana konsumsi junk food atau makanan cepat saji  mempengaruhi tubuh Anda.

Istilah Junk food berarti jenis makanan yang tidak memberikan apa-apa atau kontribusi terhadap kesehatan anda, malah menjadi ancaman terhadap kesehatan tubuh anda. Istilah junk food hadir menjadi label pada makanan cepat saji yang tidak memiliki kontribusi terhadap kesehatan tubuh. Bahkan junk food pemicu utama depresi, jantung dan kanker.

Berikut beberapa poin yang perlu anda ketahui tentang pengaruh makanan cepat saji/makanan sampah terhadap tubuh anda. Selamat menyimak!

Efek makanan cepat saji terhadap tubuh
Efek Fast Food/junk food terhadap tubuh

Fast food/junk food Mempengaruhi Tingkat Energi Anda

Junk food tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Sebagai hasilnya, Anda mungkin merasa lelah dan kekurangan energi yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Tingginya tingkat gula dalam makanan cepat saji membuat metabolisme Anda tidak terkendali, ketika Anda makan gula halus, pankreas mengeluarkan insulin dalam jumlah yang tinggi untuk mencegah lonjakan berbahaya dalam kadar gula darah.

Karena makanan cepat saji dan junk food tidak mengandung jumlah protein dan karbohidrat yang cukup dan baik, kadar gula darah Anda akan turun secara tiba-tiba setelah makan, hal ini membuat Anda merasa mudah marah-marah, lelah dan gula keinginan.


Junk food Berkontribusi terhadap Kinerja Buruk dan Obesitas

McDonald's sebabkan obesitas
Ilustrasi McDonald's sebabkan obesitas
Junk food mengandung sejumlah besar lemak, dan sebagai lemak terakumulasi dalam tubuh Anda, Anda akan bertambah berat dan bisa menjadi obesitas. Berat lebih yang anda dapatkan akan semakin mendekatkan anda pada risiko penyakit kronis serius seperti diabetes, penyakit jantung dan arthritis. Anda bahkan bisa mengalami serangan jantung.

Tingginya tingkat lemak dan natrium dalam makanan sampah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Diet sodium berlebihan juga dapat memiliki efek negatif pada fungsi ginjal, bahkan menyebabkan penyakit ginjal.

Dalam jangka pendek, Anda akan merasa lelah dan sulit berkonsentrasi karena tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen.


Junk Food Bisa Merusak Hati Anda

Tingginya tingkat lemak dan natrium dalam junk food dan fast food dapat berkontribusi pada penyakit jantung dengan menaikkan kadar kolesterol darah dan berkontribusi terhadap meningkatnya plak arteri. Tingginya tingkat asam lemak trans yang ditemukan dalam makanan sampah dan makanan cepat saji dapat menyebabkan deposito fatty liver yang,dari waktu ke waktu, dapat menyebabkan disfungsi & penyakit hati.

efek fast food / makanan cepat saji terhadap kesehatan tubuh
Beberapa label fast food yang populer

Makanan sampah Bisa Mengarah ke Diabetes

Seiring waktu, tingkat tinggi gula dan karbohidrat sederhana dalam junk food dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi gula membuat metabolisme Anda tidak terkendali dengan baik, ketika Anda makan banyak gula putih halus dan karbohidrat sederhana, tubuh Anda harus memompa produksi insulin untuk mencegah lonjakan berbahaya dalam kadar gula darah.

Karena junk food tidak mengandung protein atau karbohidrat kompleks yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mempertahankan kadar gula darah yang konsisten, kadar gula darah Anda akan turun tiba-tiba segera setelah makan.

Seiring waktu, tidak terkendalinya proses metabolisme tubuh ini akan merusak kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan insulin yang dikeluarkan oleh pangkreas. Diet sehat dapat membantu menjaga sensitivitas insulin tubuh Anda.

Fast food sebabkan obesitas
Salah satu gerai penyedia fast food

Bahkan dalam jangka pendek, makan junk food terlalu banyak dapat membuat Anda merasa benar-benar nyaman. Hal ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan sembelit, dan menurunkan tingkat energi Anda sehingga Anda kurang minat dalam olahraga yang Anda butuhkan untuk membakar kalori ekstra.



Diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar