Kamis, 24 Oktober 2013

Cara Memilih Buah-buahan yang Berkualitas dan Sehat

cara memilih buah berkualitas
Buah-buahan segar dan menyehatkan
Mengkonsumsi buah secara rutin adalah kebiasaan yang menyehatkan, buah-buahan merupakan salah satu elemen penunjan makanan sehat. Hal ini disebabkan kandungan buah yang mengandung vitamin, mineral, serat dan tanpa lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain dapat menunjang kesehatan tubuh bagian dalam, buah juga dapat membantu kesehatan kulit. Namun, apa yang terjadi jika buah yang dikonsumsi justri membawa kuman sumber penyakit?

Dewasa ini, anda harus lebih berhati-hati karena tidak semua penjual menawarkan buah dengan kualitas yang baik.

Sejumlah oknum dicurigai cenderung bertindak merugikan untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Sebagai pembeli yang cerdas, anda sebaiknya tidak mudah tertipu dengan warna buah yang mencolok, karena diduga mengandung zat pewarna buatan.

Cara Memilih Buah yang Berkualitas dan Sehat

Demi menghindari permasalahan salah membeli buah, sekaligus menghindari adanya efek buruk seperti penyakir tertentu akibat kondisi buah yang sudah tidak segar (apalagi sehat), berikut beberapa cara memilih buah yang berkualitas dan sehat. Caranya, ambillah daging buah yang berwarna. Jika warna tidak luntur di tangan, buah tersebut aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, anda juga perlu waspada adanya lapisan lilin yang ada di permukaan kulit apel. Lapisan ini bertujuan agar buah tidak cepat busuk. Anda tak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi. Sebelum dikonsumsi, permukaan buah sebaiknya dikerik perlahan dengan menggunakan pisau hingga lapisan lilin terkikis. Kemudian cuci buah tersebut dengan air hingga bersih.

Sebagai usaha preventif, anda dapat mengonsumsi buah yang dibudidayakan secara organic. Memetik hasil dari pekarangan sendiri bisa menjadi solusi yang terbaik karena dapat mengetahui kualitasnya secara pasti. Sayangnya, tidak semua orang memiliki keahlian dalam berkebun.

Membeli buah-buahan di pasar tradisional atau di supermarket juga membutuhkan ketelitian. Sejumlah orang seringkali hanya memegang buah untuk memeriksa kualitas, lalu meletakkannya kembali. Tanpa disadari, bakteri yang berada di tangan ikut menempel ke permukaan kulit buah. Oleh sebab itu, cucilah buah tersebut sebelum dikonsumsi agar bebas kuman.

Perlu diketahui, buah memiliki karakteristik yang mudah berjamur, atau membusuk. Buah yang permukaan kulitnya berjamur, tidak layak untuk dikonsumsi. Tanpa anda ketahui secara kasat mata, jamur sebenarnya telah menyebar ke bagian dalam. Buah tetap tidak layak konsumsi meskipun bagian yang berjamur atau membusuk telah dipotong dan dibuang. Hal ini berguna agar anda terhindar dari gangguan saraf, pencernaan, jantung dan liver.

Baca juga Tips Memilih Buah Durian yang Baik dan Berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar