Minggu, 08 Februari 2015

KHASIAT COKLAT



Hi, Nutrilicious!
Tau Theobroma cacao ga?? Pastinya tau dong!! Yay!! Coklat! Siapa sih yang ga suka sama kudapan manis ini. Hampir seluruh orang di dunia mencintai kudapan yang dulu hanya dikonsumsi oleh kaumbangsawan ini. Diolah dengan berbagai bentuk, dinataranya coklat batang, bubuk coklat, krim cokla, dan masih banyak lagi. olahan-olahan coklat ini sering dijadikan sebagai bingkisan perayaan hari besar, ucapan terima kasih, simpati, ataupun ungkapan cinta.
            Rasa manis yang dimiliki oleh coklat tidak menutupi kandungan-kandungan senyawa kimia di dalamnya. Alkaloid sepertiteobromin, fenetilamina, dan anandamida merupakan tiga dari sekian banyak senyawa pada coklat. Senyawa-senyawa pada coklat memberikan efek biologis bagi yang mengonsumsinya, berikut beberapa efek biologis mengonsumsi coklat.
            (1) Anti Depresi Yang Alami, kandunagn serotonin bisa memberikan perasaan senang , baik, tenang,  dan fresh. Selain itu, coklat juga bisa meningkatakan produksi endorfin untuk meningkatkan rasa senang.
            (2) Membuat Panjang Umur, dalam coklat terdapat kandungan zat yang mampu memperlambat penuaan sehingga kita panjang umur.
(3)    Mengurangi keriput dan melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa membakar kulit dengan kandunganFlavanol yang terkandung pada coklat.
(4)   Melancarkan Sirkulasi Darah, Flavonoid pada Cokelat berperan untuk membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah mengkonsumsi. Bekerja dengan melebarkan pembuluh darah diotak, flavonoid juga meningkatkan aliran darah.
(5)   Mencegah Penyakit  Jantung, karena beberapa senyawa kimia pada coklat membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar. Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10% #Coklat
(6)   Meningkatkan Kesehatan Mata, hal ini berkaitan dgn point 4. Karena aliran darah yang menuju mata meningkat dengan baik sehingga penglihatan semakin  baik dan kuat.
(7)   Menurunkan tekanan darah. Warnanya yang gelap yang merupakan ciri antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.
(8)   Menurunkan kolesterol. Coklat mampu menurunkan kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL.
(9)   Kandungan lemak rendah, Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Sehingga tdk perlu takut BB naik karena mengonsumsi #coklat selama itu tidak berlebihan
(10)             Menghindari kelelahan kronis, seperti sakit kepala, tubuh nyeri, masalah pernapasan, dan jantung. Mengonsumsi 50 gram per hari akan membantu memerangi kelelahan ini.
(11)           Mengurangi resiko kanker, karena coklat kaya akan antioksidan akan melawan kanker dalam tubuh.
(12)            Membantu menurunkan BB. Ko bisa??? Coklat kaya akan serat seperti halnya roti, gandum dan buah sehingga dapat membantu untuk diet.
(13)            Last but not least. Menjaga kesehatan otak. Coklat membuat syaraf-syaraf rileks untuk membantu system kerja otak yang bekerja mengontrol semua organ.
Udah pada tau kan khasiat coklat buat tubuh kita? Jadi, ga usah ragu lagi buat mengonsumsi coklat selama itu tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar