Senin, 06 Januari 2014

Kenyataan Berbahaya Dibalik Minuman Soda

Siapa yang tidak senang dengan minuman bersoda? Rasanya yang manis dengan sensasi yang menyegarkan membuat kita menikmatinya padahal minuman soda berbahaya, belum lagi jika minuman bersoda disajikan dengan es batu, waow! Namun, anda perlu ketahu bahwa ada banyak ancaman bagi kesehatan anda saat anda mengkonsumsi sekaleng minuman soda.

Selama ini mungkin anda jarang memperhatikan, bagaimana  soda mengancam kesehatan anda, bagaimana tidak, minuman bersoda adalah pilihan yang menyegarkan bagi anda yang sedang gerah, terlebih lagi bagi yang tinggal di daerah perkotaan yang bukan hanya panas ala matahari, tetapi juga gerah karena polusi.

Minuman soda berbahaya sebaiknya dihindari
Kenyataan berbahaya minuman soda terhadap tubuh anda


Bahaya Minuman Soda Terhadap Tubuh Kita

David Hemenway seorang profesor dari Harvard School of Public Health. melakukan survei kepada 1.878 pelajar sekolah yang berusia 14 sampai dengan 18 tahun di Boston.

Seorang pelajar yang duduk di bangku sekolah meneganh atas di kota tersebut rutin mengkonsumsi 5 kaleng minuman soda berbagai merk dalam satu minggu, ternyata beresiko lebih nakal dan agresif dengan teman sebaya yang jarang meminum minuman soda ini. Hal ini di lihat dari bukan hanya kekerasan antara teman sebayanya tetapi juga memicu kekerasan dalam hal asmara dan hubungan keluarga.

Dari hasil survey terbut diketahui hasil bahwa semakin banyak soda yang dikonsumsi, makin tinggi kecenderungan remaja tersebut melakukan kekerasan. Remaja yang mengkonsumsi minuman bersoda 14 kaleng dalam seminggu, 43 persen mengaku pernah membawa senjata, 27 persen melakukan kekerasan pada pasangan, dan 58 persen melakukan kekerasan pada sebayanya.

Sedangkan remaja yang jarang mengkonsumsi minuman bersoda, hanya sekitar 23 persen yang mengaku melakukan tindakan kekerasan atau kriminal.

Minuman Soda Memicu Problem pada Ginjal

Julie Lin, M.D., seorang spesialis ginjal dari Brigham dan Women's Hospital di Boston melakukan penelitian terhadap kebiasaan mengonsumsi soda. Kemudian ia mencari korelasinya dengan problem ginjal yang dialami sekitar 3.000 wanita selama 11 tahun belakangan ini. Dan benar, "kami telah meneliti dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua gelas soda atau lebih setiap hari, berpotensi lebih cepat mengalami kegagalan ginjal," ungkapnya. Jika Anda tidak ingin menghancurkan ginjal Anda, maka jauh lebih sehat bila Anda menghindari soda dan mengonsumsi air mineral atau jus buah saja.

Minuman Bersoda Memicu Stroke

Sebuah jurnal pada awal Januari tahun 2012, yang disebut dengan the Journal of General Internal Medicine, mengatakan bahwa pengonsumsi soda punya 43% resiko terserang penyumbatan pembuluh vaskuler, yang menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Memang sih, minuman berkarbonasi itu terkadang menarik dan mempunyai rasa yang unik. Namun, rasa yang enak dan unik saja tidak cukup untuk menjaga dan memperpanjang usia kita. Sehingga, bila Anda ingin hidup sehat lebih lama lagi, mari memulai hidup sehat dengan cerdas memilih menu makanan. 

Minuman Bersoda Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh

Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelititan, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.

Universitas Harvard pernah membuat penelitian mengenai hal ini. Mereka mengamati seorang atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda dan yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Hasilnya, atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet remaja yang tidak mengkonsumsi minuma bersoda.


Mari sayangi tubuh, jaga kesehatan dengan menghindari minuman bersoda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar