Sabtu, 12 September 2015

Mengenal Secara Umum Jenis Penyakit Phobia

Phobia atau bisa disebut Fobia, adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Phobia merupakan suatu penyakit psikologis yang diderita oleh banyak orang di seluruh dunia, hanya terkadang orang yang mengalaminya tidak menyadari bahwa dirinya telah terjangkit penyakit ini. Phobia yang dialami oleh seseorang seringkali menghambat aktivitas-nya oleh karena itu kita harus menyadari adanya potensi penyakit tersebut semenjak dini dan berupaya untuk mengobatinya.

Ada berbagai macam penyebab Phobia, tergantung dari jenis Phobia yang dialami oleh seseorang. Akan tetapi dapat kita simpulkan bahwa Phobia ini disebabkan oleh adanya suatu kejadian yang mengakibatkan Trauma dalam diri seseorang sehingga menyebabkan bekas di dalam psikologi orang tersebut.

Jenis Jenis Phobia

Jenis-jenis Phobia sangat banyak seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi dapat memungkinkan akan terus berkembang. Tapi sekarang ini hanya akan menyebutkan Jenis Phobia yang bersifat umum :
Mengenal Secara Umum Jenis Penyakit Phobia
Ilustrasi seseorang terkena phobia © shutterstock


1. Zoophobia

Zoophobia, merupakan rasa takut yang terlalu berlebihan kepada salah satu jenis hewan tertentu, dimana Phobia jenis ini seakan sudah umum berada di diri manusia. Contoh yang paling umum diderita terkait Phobia jenis ini adalah boomingnya rasa takut terhadap hewan “Kecoa” bagi sebagian besar Pria dan hewan “Cicak” bagi sebagian besar Wanita.

2. Acrophobia

Acrophobia, merupakan rasa takut yang terlalu berlebihan pada tempat yang tinggi. Jenis Phobia ini pun seolah sudah umum diderita oleh masyarakat, dan kita bisa termasuk salah satunya. Anda bisa mencobanya sendiri apakah Anda berbakat untuk terjangkit Phobia jenis ini? Anda dapat mencobanya dengan naik ke tempat yang tinggi, setelah Anda mencapai puncaknya, lihatlah ke bawah. Apa yang Anda rasakan? Mual, seakan ada magnet yang menarik Anda, Jantung berdebar kencang?. Bagaimana? Menurut Anda itu Normal bukan? Anda salah itu adalah bibit rasa takut anda, dan jika itu anda pupuk, anda akan mendapatkan bibit tersebut menjadi Phobia.

3. Achluphobia

Achluophobia, adalah rasa takut berlebihan terhadap kegelapan. Mungkin anda tidak menderitanya, tapi lihat sekeliling anda, teman, saudara, bahkan keluarga Anda bisa dipastikan dari sekian banyak orang yang anda kenal akan melakukan reaksi berlebihan ketika suatu saat anda bersamanya dan terjadi mati lampu. Dimana reaksi tersebut akan berbeda-beda, ada yang berteriak, menangis, histeris dan lain sebagainya. Inilah penyakit yang kita sebut Achluophobia.

4. Brontophobia

Brontophobia, adalah rasa takut berlebihan terhadap petir/kilat. Sama seperti Phobia lainnya, ketika datang suara petir bersamaan dengan kilatan, makan mereka yang menderita penyakit phobia ini akan merasakan reaksi berlebihan pada fisik mereka. Seperti berkeringat dingin, jantung berdebar dan lain sebagainya, serta rasa takut dalam diri mereka.

5. Belonphobia

Belonephobia, adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap jarum suntik. Hal ini sepertinya umum diderita oleh kebanyakan dari kita. Penyebabnya yaitu ketika kita masih sangat kecil kerap kali keluarga kita akan melakukan ancaman kepada kita dengan berkata “Kamu harus makan banyak, kalau sakit nanti disuntuk oleh dokter”, dan selesai sampai saat ini kebanyakan dari kita akan keringat dingin jika berhadapan dengan benda kecil yang di beri nama jarum suntik.

6. Glossophobia

Glossophobia, adalah rasa takut yang sangat mengganggu aktivitas penderitanya, dan akan dengan sukses menggagalkan karir penderitanya jika tidak segera ditangani. Kenapa? Karena Phobia ini adalah rasa takut berlebihan yang timbul jika penderita berbicara didepan umum. Jadi Anda dapat dipastikan tidak akan menjadi seorang pemimpin jika Anda tidak dapat mengalahkan phobia ini.

Sampai disini Anda bisa menyimpulkan sendiri apa itu Phobia, penyebabnya, bagaimana mendeteksi dan menanggulangi Phobia Anda terhadap sesuatu hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar